Resensi buku Psikologi Pendidikan




Judul Buku           : Psikologi Pendidikan
Penulis                 : Dr. Hj. Binti Maunah,                                          M.Pd.I
Penerbit                : IAIN Tulungagung Press,                                    Lentera Kreasindo
Tempat Terbit.     : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2014
Cetakan Pertama  : Desember 2014
Jumlah Halaman : 226
ISBN                      : 978-602-1090-09-1
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Pendidikan
Buku yang berjudul Psikologi Pendidikan karya Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I ini terdiri dari VI bab.

Pada bab I ini penulis menjelaskan seputar psikologi pendidikan, seperti sejarah psikologi pendidikan, pengertian psikologi pendidikan, fungsi dan manfaat mempelajari psikologi pendidikan, obyek kajian dan macam-macam psikologi pendidikan , urgensi psikologi terhadap pendidikan, dan tokoh-tokoh dalam psikologi.

Pada bab II ini penulis menjelaskan seputar pembawaan, keturunan, dan lingkungan. Yang di dalamnya menjelaskan bahwa pembawaan ialah seluruh kemungkinan-kemungkinan atau potensi yang terdapat pada seorang individu dan yang selama masa perkembangannya benar-benar dapat diwujudkan.  Selain itu, pada bab ini dijelaskan bahwa keturunan merupakan pewarisan karakteristik individu dari orang tuanya.

Pada bab III ini penulis menjelaskan mengenai intelegensi, dimana intelegensi adalah kemampuan untuk memperoleh berbagai informasi abstrak, menalar serta bertindak secara efisien dan efektif. Teori-teori yang berkaitan dengan intelegensi yaitu teori uni faktor, teori two faktor, teori multi faktor, teori primari mental ability, dan teori sampling.

Pada bab IV ini penulis menjelaskan mengenai motivasi, dimana motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.

Pada bab V ini penulis menjelaskan seputar belajar, dimana belajar adalah proses memperoleh pengetahuan. Teori-teori  yang berkaitan dengan belajar yaitu teori classical, teori instrumental conditioning, teori cognitif learning, dan teori belajar sosial.

Pada bab VI ini penulis menjelaskan seputar kepribadian, dimana kepribadian dalam diri seseorang harus dibentuk, karena kalau dibiarkan maka akan menjadi pribadi yang kurang baik. Dalam buku ini juga dibahas tentang bagaimana membentuk siswa agar memiliki kepribadian yang sehat, salah satunya yaitu dengan cara penanaman tentang bagaimana  cara berfikir yang sehat dan baik.


Kelebihan buku :
Susunan penulisan dalam buku ini mudah dipahami dan dimengerti. Buku ini memiliki pembahasan yang lengkap, sehingga cocok dibaca untuk orangtua, guru, maupun calon guru.

Kekurangan buku :
Tidak adanya gambar yang lebih memudahkan pembaca memahami isi buku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTS Psikologi Pendidikan (resensi 15 buku)

Resensi buku Psikologi Pendidikan (Aplikasi Teori di Indonesia)