Resensi buku Psikologi Pendidikan (Aplikasi Teori di Indonesia)


Judul Buku  : Psikologi Pendidikan   (Aplikasi teori di Indonesia)
Penulis                    : Faizah, S.Psi, M.Psi  Rahma,S.Psi, M.Psi,   Yuliezar Perwira S.Psi, M.Psi
Penerbit                  : Universitas Brawijaya Press (UB Press)
Tempat Terbit        : Malang
Tahun Terbit  : 2017
Cetakan Pertama  : Oktober 2017
Jumlah Halaman  : 216
ISBN                       : 978-602-432-341-7
Oleh                        : Indri Yuliani

Psikologi Pendidikan (Aplikasi teori di Indonesia)
Buku  yang berjudul Psikologi Pendidikan karya Faizah, S.Psi, M.Psi, Ulifa Rahma,S.Psi, M.Psi, Yuliezar Perwira Dara, S.Psi, M.Psi ini terdiri dari 9 bab.

Pada bab pertama, buku ini membahas mengenai gambaran umum psikologi pendidikan: dasar pengajaran yang efektif. Dalam bab ini dijelaskan bahwa empat komponen utama dari seorang guru yang baik yaitu pengetahuan tentang mata pelajaran yang diajarkan, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, pengetahuan akan siswa dan cara pembelajarannya, serta ketrampilan mengajar dan komunikasi.

Pada bab kedua, buku ini membahas mengenai pendidikan berdasarkan perkembangan kognitif. Dalam bab ini dijelaskan bahwa pendidikan merupakan bentuk usaha terorganisir, terencana dan berlangsung sepanjang hayat untuk membina peserta didik menjadi insan paripurna, yang dewasa dan berbudaya.

Pada bab ketiga, buku ini membahas mengenai pendidikan berdasarkan perkembangan sosial.

Pada bab keempat, buku ini membahas mengenai pendidikan berdasarkan perkembangan moral. Mulai dari perkembangan moral, pendidikan moral, pendekatan pendidikan moral, kasus dalam pendidikan berdasarkan moral, dan instrumen pengukuran moral.

Pada bab kelima, bab ini membahas mengenai variasi kelompok, seperti budaya dan etnis, pendidikan multikultural, peran gender dalam pendidikan, dan kasus-kasus dalam variasi kelompok.

Pada bab keenam, bab ini membahas mengenai variasi individu, seperti inteligensi, gaya berpikir dan belajar, dan kepribadian dan temperamen.

Pada bab ketujuh, bab ini membahas mengenai pendidikan siswa berkebutuhan khusus, mulai dari pengertian, jenis-jenis siswa berkebutuhan khusus, karakteristik dan layanan pendidikannya, dan pendidikan dan layanan luar biasa.

Pada bab kedelapan, bab ini membahas mengenai manajemen kelas, seperti definisi dan tujuan, isu dan masalah,prinsip-prinsip, strategi, pendekatan-pendekatan,dan cara menangani masalah-masalah manajemen kelas dengan membangun  lingkungan positif utuk pembelajaran.

Pada bab kesembilan, bab ini membahas mengenai asesmen kelas, seperti pengertian dan tujuan, bentuk dan jenis, dan asesmen yang baik.

Kelebihan buku :
Penulisan dalam buku ini jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan skema, gambar, dan konsep sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi buku ini.

Kelemahan buku :
Tata peletakan tulisan yang kurang rapi.

Komentar

  1. permisi mau tanya, apakah kakak punya pukunya atau ebooknya?

    BalasHapus
  2. jika punya, apakah saya boleh beli ebook nya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTS Psikologi Pendidikan (resensi 15 buku)

Resensi buku Psikologi Pendidikan