UTS Psikologi Pendidikan (resensi 15 buku)

Resensi Buku Psikologi

1. Resensi Buku Psikologi Pendidikan



Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis : Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I
Penerbit : IAIN Tulungagung Press, Lentera Kreasindo
Tempat Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2014
Cetakan Pertama : Desember 2014
Jumlah Halaman : 226
ISBN : 978-602-1090-09-1
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Pendidikan
Buku yang berjudul Psikologi Pendidikan karya Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I ini terdiri dari VI bab.

Pada bab I ini penulis menjelaskan seputar psikologi pendidikan, seperti sejarah psikologi pendidikan, pengertian psikologi pendidikan, fungsi dan manfaat mempelajari psikologi pendidikan, obyek kajian dan macam-macam psikologi pendidikan , urgensi psikologi terhadap pendidikan, dan tokoh-tokoh dalam psikologi.

Pada bab II ini penulis menjelaskan seputar pembawaan, keturunan, dan lingkungan. Yang di dalamnya menjelaskan bahwa pembawaan ialah seluruh kemungkinan-kemungkinan atau potensi yang terdapat pada seorang individu dan yang selama masa perkembangannya benar-benar dapat diwujudkan.  Selain itu, pada bab ini dijelaskan bahwa keturunan merupakan pewarisan karakteristik individu dari orang tuanya.

Pada bab III ini penulis menjelaskan mengenai intelegensi, dimana intelegensi adalah kemampuan untuk memperoleh berbagai informasi abstrak, menalar serta bertindak secara efisien dan efektif. Teori-teori yang berkaitan dengan intelegensi yaitu teori uni faktor, teori two faktor, teori multi faktor, teori primari mental ability, dan teori sampling.

Pada bab IV ini penulis menjelaskan mengenai motivasi, dimana motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.

Pada bab V ini penulis menjelaskan seputar belajar, dimana belajar adalah proses memperoleh pengetahuan. Teori-teori  yang berkaitan dengan belajar yaitu teori classical, teori instrumental conditioning, teori cognitif learning, dan teori belajar sosial.

Pada bab VI ini penulis menjelaskan seputar kepribadian, dimana kepribadian dalam diri seseorang harus dibentuk, karena kalau dibiarkan maka akan menjadi pribadi yang kurang baik. Dalam buku ini juga dibahas tentang bagaimana membentuk siswa agar memiliki kepribadian yang sehat, salah satunya yaitu dengan cara penanaman tentang bagaimana  cara berfikir yang sehat dan baik.

Kelebihan buku :
Susunan penulisan dalam buku ini mudah dipahami dan dimengerti. Buku ini memiliki pembahasan yang lengkap, sehingga cocok dibaca untuk orangtua, guru, maupun calon guru.

Kekurangan buku :
Tidak adanya gambar yang lebih memudahkan pembaca memahami isi buku.

2. Resensi Buku Psikologi Komunikasi (Membangun Komunikasi yang Efektif dalam  Interaksi Manusia)




Judul Buku                 : Psikologi Komunikasi (Membangun Komunikasi yang Efektif dalam          Interaksi Manusia)
Penulis : Muhibudin Wijaya Laksana, S.Sos., M.Si
Penerbit : CV Pustaka Setia
Tempat Terbit : Bandung
Tahun Terbit : 2015
Cetakan Pertama : Desember 2015
Jumlah Halaman : 252
ISBN : 978-979-076-570-2
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Komunikasi (Membangun Komunikasi yang Efektif dalam Interaksi Manusia)
Buku yang berjudul Psikologi Komunikasi (Membangun Komunikasi yang Efektif dalaM Interaksi Manusia) karya Muhibudin Wijaya Laksana, S.Sos., M.Si terdiri dari 11 bab.
Dimana pada bab pertama membahas tentang pendahuluan, pada bab kedua membahas tentang konsep dasar psikologi komunikasi, pada bab ketiga membahas tentang sistem komunikasi intrapersonal, pada bab keempat membahas tentang sistem komunikasi interpersonal, pada bab kelima membahas tentang sistem komunikasi kelompok, pada bab keenam membahas tentang sistem komunikasi massa, pada bab ketujuh membahas tentang psikologi komunikator, pda bab kedelapan membahas tentang psikologi pesan, pada bab kesembilan membahas tentang etika dalam komunikasi, pada bab kesepuluh membahas tentang psikologi mendengar atau menyimak dalam komunikasi, dan pada bab kesebelas membahas tentang tentang model pengelolaan konflik melalui komunikasi interpersonal.

Kelebihan buku :
Buku ini menggunakan kertas yang berbahan tebal dan memiliki tulisan yang jelas.

Kekurangan buku :
Buku ini tidak memiliki gambar sehingga membuat pembaca jenuh.

3. Resensi Buku Psikologi Keluarga (Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga)



Judul Buku : Psikologi Keluarga (Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam
                                    Keluarga)
Penulis : Sri Lestari
Penerbit : Kencana
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2012
Cetakan Pertama : Juni 2012
Jumlah Halaman : 243
ISBN : 978-602-9413-21-2
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Keluarga (Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga)
Buku yang berjudul Psikologi Keluarga (Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga) karya Sri Lestari terdiri dari VII bab.
Pada bab I penulis menjelaskan tentang keluarga sebagai sistem. Penjabarannya yaitu definisi keluarga, struktur keluarga, relasi dalam keluarga, keberfungsian keluarga, dan teori sistem keluarga.
Pada bab II penulis menjelaskan tentang praktik pengasuhan anak (parenting). Penjabarannya yaitu kesadaran pengasuhan, perspektif ekologis pengasuhan, stress pengasuhan, gaya pengasuhan dan interaksi orangtua-anak, pengasuhan dalam konteks lintas budaya perilaku dan praktik pengasuhan, dan pengasuhan bersama.
Pada bab III penulis menjelaskan tentang nilai dan pendidikan nilai. Penjabarannya yaitu definisi nilai sebaga predektor perilaku, pendidikan nilai-nilai kearifan lokal dan pembentukan karakter.
Pada bab IV penulis menjelaskan tentang konflik dalam keluarga. Penjabarannya yaitu definisi konflik, karakteristik konflik keluarga, konflik orangtua-anak dan resolusi konflik.
Pada bab V penulis menjelaskan tentang penanaman nilai dalam keluarga. Penjabarannya yaitu potret keluarga, pembelajaran dari protret keluarga, dan pembelajaran tentang pendidikan nilai dalam keluarga.
Pada bab VI penulis menjelaskan tentang potret konflik orangtua-anak. Penjabarannya yaitu gambaran konflik orangtua-anak, potret konflik orangtua-anak dalam masyarakat, strategi resolusi konflik orangtua-anak, dan pembelajaran dari potret konflik orangtua-anak dalam masyarakat.
Pada bab VII berisi penutup.

Kelebihan buku :
Buku ini menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami dan dilengkapi dengan diagram batang serta catatan yang memudahkan pembaca.

Kekurangan buku :
Buku ini memiliki warna yang kurang menarik sehingga membuat pembaca kurang tertarik untuk memiliki buku ini.

4. Resensi Buku Psikologi Kognitif



Judul Buku : Psikologi Kognitif
Penulis : Jonathan Ling dan Jonathan Catling
Penerbit : Erlangga
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2012
Cetakan Pertama : Februari 2012
Jumlah Halaman : 259
ISBN : 978-602-241-164-2
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Kognitif
Buku yang berjudul Psikologi Kognitif karya Jonathan Ling dan Jonathan Catling terdiri dari 12 bab.
Buku ini menjelaskan tentang sejarah singkat psikologi kognitif, persepsi, atensi, teori-teori memori, aspek-aspek terapan memori, kognisi dan emosi, neuropsikologi kognitif, produksi dan pemahaman bahasa, isu-isu dalam bahasa, penyelesaian masalah, berpikir dan penalaran, belajar, serta inteligensi manusia dan komputer.

Kelebihan buku :
Buku ini dilengkapi dengan tabel dan bagan sehingga memudahkan pembaca dalam memahami buku ini. Selain itu, buku ini juga memiliki warna yang menarik.

Kekurangan buku :
Terdapat bahasa yang asing sehingga membuat pembaca sedikit sulit untuk memahami.

5. Resensi Buku Psikologi Kepribadian (Lanjutan)



Judul Buku : Psikologi Kepribadian (Lanjutan)
Penulis : Prof. Dr. H. Adang Hambali, M.Pd. dan Drs. Ujam Jaenudin, M.Si.
Penerbit : Pustaka Setia
Tempat Terbit : Bandung
Tahun Terbit : 2013
Cetakan Pertama : Januari 2013
Jumlah Halaman : 292
ISBN : 978-979-076-309-8
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Kepribadian (Lanjutan)
Buku yang berjudul Psikologi Kepribadian (Lanjutan) karya Prof. Dr. H. Adang Hambali, M.Pd. dan Drs. Ujam Jaenudin, M.Si. terdiri dari VI bab.
Pada bab 1 penulis menjelaskan tentang kepribadian manusia, faktor yang mempengaruhi, dan landasan teori dalam pendidikan.
Pada bab II penulis menjelaskan tentang kepribadian ditinjau dari psikoanalisis. Penjabarannya yaitu teori-teori psikoanalisis, teori psikoanalisis Freud, ketidaksadaran Arketife, teori kepribadian Karen D. Horney, teori perekembangan psikososial Erikson, teori psikologi individu Alfred Adler, dan teori psikologi sosial Erich Fromm.
Pada bab III penulis menjelaskan mengenai kepribadian ditinjau dari perspektif behaviorisme. Penjabarannya yaitu psikologi behavioristik, teori pembentukan perilaku (shapping) Skiner, Jhon Watshon antara stimulus dan respon, dan teori pembelajaran sosial Albert Bandura.
Pada bab IV penulis menjelaskan mengenai kepribadian ditinjau dari perspektif humanisme. Penjabarannya yaitu teori kepribadian humanistik, teori kepribadian Abraham Harold Maslow, dan teori Carl Roger: berpusat pada diri.

Pada bab V penulis menjelaskan tentang kepribadian ditinjau dari perspektif eksistensial. Penjabarannya yaitu penjelasan singkat psikologi eksistensial, teori kepribadian Alfred Adler, teori kepribadian Gordon Allprot, dan psikolog eksistensial-fenomenologi Rollo May (1909).

Pada bab VI penulis menjelaskan tentang kepribadian ditinjau dari perspektif psikologi timur. Penjabarannya yaitu psikologi timur: keseimbangan, Abidhamma: teori kepribadian timur, psikologi dalam islam, problem kejiwaan dan kesehatan mental, dan ciri-ciri kesehatan mental.

Kelebihan buku :
Buku ini dilengkapi dengan gambar, bagan maupun tabel sehingga memudahkan pembaca dalam memahami isi buku.

Kekurangan buku :
Buku ini terdapat kata-kata yang asing sehingga membuat pembaca kurang tertarik dengan buku ini.

6. Resensi Buku Psikologi Keluarga



Judul Buku : Psikologi Keluarga
Penulis : Drs. Save M. Dagun
Penerbit : PT Rineka Cipta
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2002
Cetakan Pertama : Juli 1990
Jumlah Halaman : 169
ISBN : 979-518-149-1
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Keluarga
Buku yang berjudul Psikologi Keluarga karya Drs. Save M. Dagun ini terdiri dari VII bab.
Pada bab I membahas tentang kontroversi peranan ayah.
Pada bab II membhas tentang calon ayah dan ketika istri hamil.
Pada bab III membahas tentang ayah butuh bayi dan bayi butuh ayah.
Pada bab IV membahas tentang sosialisasi, perkembangan kepribadian, dan peran ayah .
Pada bab V membahas tentang perkembangan inteligensi bayi dan anak
Pada bab VI membahas tentang perceraian dan dampaknya pada anak.
Pada bab VII membahas tentang revolusi peran ayah.

Kelebihan buku :
Buku ini menggunakan kata-kata yang mudah dipahami pembaca.

Kekurangan buku :
Buku ini tidak menggunakan tabel sehingga membuat pembaca jenuh.

7. Resensi Buku Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan            Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja)



Judul Buku       : Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan            Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja)
Penulis : Dr. Hendriati Agustiani
Penerbit : PT Refika Aditama
Tempat Terbit : Bandung
Tahun Terbit : 2006
Cetakan Pertama : April 2006
Jumlah Halaman : 235
ISBN : 979-3304-58-8
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja
Buku yang berjudul Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja) karya Dr. Hendriyati Agustiani terdiri dari VI bab.
Pada bab I membahas tentang pendahuluan.
Pada bab II membahas tentang perkembangan remaja.
Pada bab III membahas tentang beberapa hal dalam psikologi perkembangan remaja.
Pada bab IV membahas tentang metode yang digunakan .
Pada bab V membahas tentang perkembangan remaja menurut pendekatan ekologi hubungannya dnegan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja
Pada bab VI membahas tentang uraian penutup.

Kelebihan buku :
Buku ini memiliki gambar dan tabel sehingga membuat pembaca tertarik untuk membacanya.

Kekurangan buku :
Buku ini memiliki kata-kata yang asing sehingga membuat pembaca sedikit bingung.

8. Resensi Buku Psikologi Kepribadian



Judul Buku : Psikologi Kepribadian
Penulis : Drs.Agus Sujanto, Drs. Halem Lubis dan Drs. Taufik Hadi
Penerbit : PT Bumi Aksara
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2009
Cetakan tiga belas : Agustus 2009
Jumlah Halaman : 184
ISBN : 979-526-072-3
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Kepribadian
Buku yang berjudul Psikologi Kepribadian karya Drs.Agus Sujanto, Drs. Halem Lubis dan Drs. Taufik Hadi berisi 14 bab.
Pada bab pertama berisi pendahuluan.
Pada bab kedua berisi tentang tipologi.
Pada bab ketiga berisi tentang tipologi konstitusi phisis .
Pada bab keempat berisi tentang tipologi temperamen atau psikis.
Pada bab kelima berisi tentang tipologi berdasar kebudayaan.
Pada bab keenam berisi tentang tipologi berdasarkan kedudukan anak dalam keluarga.
Pada bab ketujuh berisi tentang struktur kepribadian berdasar psikologi dalam.
Pada bab kedelapan berisi tentang teori kepribadian Kurt Lewin.
Pada bab kesembilam berisi tentang teori kepribadian menurut G.W. Alport.
Pada bab kesepuluh berisi tentang teori kepribadian H.J.Eisenck.
Pada bab kesebelas berisi tentang teori kepribadian Raimon Cattell.
Pada bab keduabelas beriri tentang teori kepribadian Gardner Murphi
Pada bab ketigabelas berisi tentang teori kepribadian pancasila
Pada bab keempatbelas berisi tentang bagaimana membina pribadi diri.

Kelebihan buku :
Buku ini dilengkapi dengan gambar dan tabel. Selain itu, buku ini memilki warna yang menarik.

Kekurangan buku :
Buku ini memilki tulisan yang sangat kecil sehingga membuat pembaca sedikit kesulitan dalam membaca.

9. Resensi Buku Psikologi Pendidikan (dengan Pendekatan Baru)


Judul : Psikologi Pendidikan (dengan Pendekatan Baru)
Penulis : Muhibbin Syah
Penerbit :  Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit : 2008
Jumlah Halaman : 267 halaman
ISBN : 979-514-672-6
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Pendidikan
Buku yang berjudul Psikologi Pendidikan (dengan Pendekatan Baru) karya Muhibbin Syah berisi 6 bab.
Pembahasan pertama pada buku ini yaitu tentang psikologi, pendidikan, dan pengajaran. Pembelajaran dan suasana belajar dapat mengembangakan potensi untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendaliandri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan.
Pembahasan kedua pada buku ini yaitu mengulas tentang batasan perkembangan manusia yang meliputi dimensi rohaniah jasmaniah.
Pembahasan ketiga pada buku ini yaitu mebahas tentang belajar, dimana belajar pada asasnya ialah tahapan perubahan perilaku siswa yang relative positif dan menetap sebagai hasil interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proes kognitifnya. Fase belajar meliputi informasi ,transformasi dan evoluasi.
Pembahasan keempat pada buku ini yaitu berbicara masalah karateristik, manifestasi dan pendekatan belajar. Dalam buku ini ditegaskan kembali bahwa  efesiensi belajar ialah konsep yang mencerminkan perbandingan terbaik antara usaha belajar dan hasil belajar. Factor yang mempengaruhi dalam hal belajar meliputi factor internal, factor eksternal dan factor pendekatan belajar siswa.
Pembahasan yang kelima pada buku ini yaitumenjelaskan kesulitan dalam belajar yang di sebabkan dari menurunnya kinerja akademik dan munculnya misbehavior siswa, baik yang berkapasitas tinggi maupun yang berkapasitas rendah, karena faktor internal dan eksternal siswa.
Dan pada pembahasan yang keenam dalam buku ini yaitu mengenai halmengajar pada asasnya adalah kegiatan belajar mengembangkan segala potensi ranah psikologis melalui penataan lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkan kepada siswa agar terjadi proses belajar.

Kelebihan buku :
Susunan kata dalam buku ini mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang mudah dimengerti serta pembahasannya yang lengkap. Buku ini juga sangat cocok untuk dibaca oleh para calon guru maupun guru agar dapat memahami dan mempraktekkan cara belajar mengajar dengan pendekatan teori psikologi pendidikan.

Kekurangan buku :
Pembaca tidak menemukan satu pun ilustrasi atau gambar yang membantu mendeskripsikan konsep yang akan diuraikan berkenaan dengan hal-hal belajar-mengajar.

10. Resensi Buku Psikologi Pendidikan



Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis         : M. Dalyono
Penerbit             : PT Rineka Cipta
Tahun Terbit     : 2012
Jumlah Halaman     : 268 halaman
ISBN             : 978-979-518-706-6
Oleh                       : Indri Yuliani

Psikologi  Pendidikan
Buku  yang  berjudul Psikologi Pendidikan karya M. Dalyono berisi 8 bab.
Pembahasan pertama pada buku ini yaitu pengertian dan ruang lingkup ilmu jiwa pendidikan. Ilmu jiwa pendidikan yang lebih dengan psikologi pendidikan terdiri dari 2 kata, yaitu psikologi dan  pendidikan. Dalam  buku ini ditegaskan bahwa betapa pentingnya masalah proses belajar mengajar, dan  interaksi instruksional  (hubungan bersifat pengajaran) antara  guru dan siswa.

Pembahasan kedua pada buku ini yaitu peranan ilmu jiwa pendidikan dalam dunia pendidikan. Psikologi dalam proses pendidikan adalah terletak pada anak didik, sebab pendidikan pada hakikatny adalah  pelayanan  bagi anakdidik. Pelayanan yang dimaksud ialah untuk mengubah tingkah laku anak didik kea rah  perkembangan pribadi yang optimal, maka pelayanan itu hendaknya sesuai  dengan sifat dan hakikat anak didik.

Pembahasan ketiga pada buku ini yaitu membahas tentang teori-teori psikologi belajar dimana teori-teori itu antara lain teori-teori belajar psikologi behavioristic, teori-teori belajar psikologi kognitif, teori-teori belajar dari psikologi humanistis.

Pembahasan keempat pada buku ini yaitu mengulas pertumbuhan dan perkembangan manusia. Pertumbuhan dan perkembangan bukan sesuatu yang timbul dengan sendirinya tanpa adanya pengaruh  luar. Di dalam buku ini  ditegaskan  kembali bahwa sebetulnya anak bukan hanya makhluk yang dapat di didik, tetapi harus di didik, sebab bila tidak, tidak akan mencapai pertumbuhan yang biasanya kita  namakan  normal, bahkan mungkin tidak dapat tumbuh sama sekali.

Pembahasan kelima pada buku ini yaitu pembawaan dan lingkungan. Pembawaan disini ialah bentuk muka, raut muka, warna kulit, intelegensi, bakat, sifat-sifat dan penyakit. Dan ini berhungan dengan lingkungan yang meliputi semua kondisi-kondisi dalam dunia ini yang mempengaruhi tingkah laku, pertumbuhan, perkembangan, atau  life procces kita kecuali gen-gen.

Pembahasan keenam  pada buku ini yaitu mengenai ciri-ciri kematangan. Dalam buku ini menegaskan bahwa kematangan itu sangat di pengaruhi oleh bakat dan lingkungan.

Pembahasan ketujuh pada buku ini mengulas kemampuan dan inteligensi, kemampuan disini ialah bagaimana anak didik dapat menghadapi situasi belajar sehingga dapat menuntut mereka dengan tepat dan berhasil inteleginsi ialah kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan atau belajar dari pengalaman.

Pembahasan kedelepan  pada buku  menjelaskan  tipe-tipe dan kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik.

Kelebihan buku :
Susunan  kata dalam buku ini mudah untuk dipahami karena menggunakan bahasa yang dimengerti  serta dalam  pembasannya mencakup sangat jelas dan lengkap. Buku ini juga sangat cocok untuk dibaca bagi para calon guru maupun guru maupun orang tua untuk lebih mengerti tentang perkembangan anak sehingga lebih memudahkan dalam mengarahkan pendidikan kepada anak atau pesertadidik.

Kekurangan buku :
Adanya susunan kata-kata yang berbasis bahasa asing sehingga membuat pembaca menjadi sedikit bingung.

11. Resensi Buku Psikologi Pendidikan (Aplikasi teori di Indonesia)




Judul Buku : Psikologi Pendidikan (Aplikasi teori di Indonesia)
Penulis : Faizah, S.Psi, M.Psi, Ulifa Rahma,S.Psi, M.Psi, Yuliezar Perwira Dara, S.Psi, M.Psi
Penerbit : Universitas Brawijaya Press (UB Press)
Tempat Terbit : Malang
Tahun Terbit : 2017
Cetakan Pertama : Oktober 2017
Jumlah Halaman : 216
ISBN : 978-602-432-341-7
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Pendidikan (Aplikasi teori di Indonesia)
Buku  yang berjudul Psikologi Pendidikan karya Faizah, S.Psi, M.Psi, Ulifa Rahma,S.Psi, M.Psi, Yuliezar Perwira Dara, S.Psi, M.Psi ini terdiri dari 9 bab.

Pada bab pertama, buku ini membahas mengenai gambaran umum psikologi pendidikan: dasar pengajaran yang efektif. Dalam bab ini dijelaskan bahwa empat komponen utama dari seorang guru yang baik yaitu pengetahuan tentang mata pelajaran yang diajarkan, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, pengetahuan akan siswa dan cara pembelajarannya, serta ketrampilan mengajar dan komunikasi.

Pada bab kedua, buku ini membahas mengenai pendidikan berdasarkan perkembangan kognitif. Dalam bab ini dijelaskan bahwa pendidikan merupakan bentuk usaha terorganisir, terencana dan berlangsung sepanjang hayat untuk membina peserta didik menjadi insan paripurna, yang dewasa dan berbudaya.

Pada bab ketiga, buku ini membahas mengenai pendidikan berdasarkan perkembangan sosial.

Pada bab keempat, buku ini membahas mengenai pendidikan berdasarkan perkembangan moral. Mulai dari perkembangan moral, pendidikan moral, pendekatan pendidikan moral, kasus dalam pendidikan berdasarkan moral, dan instrumen pengukuran moral.

Pada bab kelima, bab ini membahas mengenai variasi kelompok, seperti budaya dan etnis, pendidikan multikultural, peran gender dalam pendidikan, dan kasus-kasus dalam variasi kelompok.

Pada bab keenam, bab ini membahas mengenai variasi individu, seperti inteligensi, gaya berpikir dan belajar, dan kepribadian dan temperamen.

Pada bab ketujuh, bab ini membahas mengenai pendidikan siswa berkebutuhan khusus, mulai dari pengertian, jenis-jenis siswa berkebutuhan khusus, karakteristik dan layanan pendidikannya, dan pendidikan dan layanan luar biasa.
Pada bab kedelapan, bab ini membahas mengenai manajemen kelas, seperti definisi dan tujuan, isu dan masalah,prinsip-prinsip, strategi, pendekatan-pendekatan,dan cara menangani masalah-masalah manajemen kelas dengan membangun  lingkungan positif utuk pembelajaran.

Pada bab kesembilan, bab ini membahas mengenai asesmen kelas, seperti pengertian dan tujuan, bentuk dan jenis, dan asesmen yang baik.

Kelebihan buku :
Penulisan dalam buku ini jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan skema, gambar, dan konsep sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi buku ini.

Kekurangan buku :
Tata peletakan tulisan yang kurang rapi.

12. Resensi Buku Psikologi Pendidikan



Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis : Stefanus M. Marbun, S.Th, M.PdK
Penerbit : Uwais Inspirasi Indonesia
Tempat Terbit : Ponorogo
Tahun Terbit : 2018
Cetakan Pertama : Juli 2018
Jumlah Halaman : 160
ISBN : 978-602-5891-08-3
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Pendidikan
Buku yang berjudul Psikologi Pendidikan karya Stefanus M. Marbun, S.Th, M.PdK beiisi 9 bab.
Buku ini membahas mengenai perbedaan individu dan kemampuan berpikir, hubungan antara faktor-faktor psikologis dan prestasi belajar peserta didik, kreativitas pembelajaran pak, karakteristik peserta didik dan kemampuan belajarnya, tinjauan psikologis perkembangan belajar peserta didik, kesulitan belajar peserta didik, serta prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam pembelajaran pak.

Kelebihan buku :
Buku ini menggunakan kata-kata yang mudah dipahami pembaca.

Kekurangan buku :
Buku ini tidak menggunakan tabel sehingga membuat pembaca jenuh.

13. Resensi Buku Psikologi Perkembangan


Judul Buku : Psikologi Perkembangan
Penulis : Yudrik Jahja
Penerbit : Prenadamedia Group
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2011
Cetakan Pertama : Februari 2011
Jumlah Halaman : 490
ISBN : 978-602-8730-44-0
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Perkembangan
Buku yang berjudul Psikologi Perkembangan karya Yudrik Jahja berisi 12 bab.
Pada bab 1 membahas mengenai konsep dasar psikologi perkembangan
Pada bab 2 membahas mengenai aspek-aspek perkembangan
Pada bab 3 membahas mengenai teori-teori psikologi perkembangan
Pada bab 4 membahas mengenai masa perkembangan dalam kandungan
Pada bab 5 membahas mengenai perkembangan masa bayi
Pada bab 6 membahas mengenai perkembangan masa awal anak-anak
Pada bab 7 membahas mengenai masa akhir anak-anak
Pada bab 8 membahas mengenai masa remaja
Pada bab 9 membahas mengenai masa dewasa
Pada bab 10 membahas mengenai masa tua
Pada bab 11 membahas mengenai aspek-aspek pendukung pada perkembangan pendidikan anak
Dan pada bab 12 membahas mengenai psikologi perkembangan pada pendidikan di Indonesia.

Kelebihan buku :
Buku ini secara lengkap membahas perkembangan manusia sejak dalam kandungan sampai masa tua, sehingga buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh semua usia.

Kekurangan buku :
Buku ini tidak menggunakan tabel sehingga membuat pembaca jenuh.

14. Resensi Buku Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga


Judul Buku : Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga
Penulis : Prof.Dr.Singgih D.Gunarsa dan Dra.Ny.Y.Singgih D.Gunarsa
Penerbit : PT BPK Gunung Mulia
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2008
Cetakan ke delapan : 2008
Jumlah Halaman : 280
ISBN : 978-979-415-619-3
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga
Buku yang berjudul psikologi praktis: anak, remaja dan keluarga karya Prof.Dr.Singgih D.Gunarsa dan Dra.Ny.Y.Singgih D.Gunarsa berisi 3 bab.
Pada bab pertama membahas mengenai psikologi anak seperti perkembangan anak, pendidikan anak di lingkungan keluarga, menangani prilaku anak yang bermasalah, penggunaan test inteligensi,  identifikasi anak berbakat menuju pelayanan pendidikan yang sesuai, serta seks dan pendidikan seks dalam keluarga.
Pada bab kedua membahas mengenai psikologi remaja-pemuda seperti peranan orangtua dalam perkembangan kepribadian anak, persiapan memasuki masa remaja dan memilih pasangan hidup.
Pada bab ketiga membahas mengenai psikologi dalam keluarga seperti komunikasi dalam keluarga, disharmoni dalam keluarga dan upaya-upaya penanggulangannya, perubahan sosial dalam masyarakat.

Kelebihan buku :
Buku secara lengkap membahas mengenai anak, remaja, mauun keluarga, sehingga buku ini sangat cocok dibaca oleh guru, calon guru, orangtua, maupun remaja.

Kekurangan buku :
Terdapat kata-kata yang asing bagi pembaca.

15. Resensi Buku Psikologi Pendidikan

Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis                : Uswatun Hasanah, M.Pd.I., Dra. Isti Fatonah, M.A., Dra. Haiatin    Chasanatin, M.A., dan Much Deiniatur, M.Pd.B.I.
Penerbit : PT Rajagrafindo Persada
Tempat Terbit : Depok
Tahun Terbit : 2019
Cetakan Kedua : Januari 2019
Jumlah Halaman : 129
ISBN : 978-602-425-650-0
Oleh : Indri Yuliani

Psikologi Pendidikan
Buku yang berjudul psikologi pendidikan karya Uswatun Hasanah, M.Pd.I., Dra. Isti Fatonah, M.A., Dra. Haiatin    Chasanatin, M.A., dan Much Deiniatur, M.Pd.B.I. terdiri dari 8 bab.
Pada bab pertama membahas mengenai psikologi pendidikan, ruang lingkup dan manfaat mempelajarinya.
Pada bab kedua membahas mengenai teori-teori belajar.
Pada bab ketiga membahas mengenai belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Pada bab keempat membahas mengenai mengajar.
Pada bab kelima membahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan.
Pada bab keenam membahas mengenai potensi-potensi siswa.
Pada bab ketujuh membahas mengenai bentuk-bentuk gejala jiwa dalam pendidikan.
Dan pada bab kedelapan membahas mengenai gurunya manusia.

Kelebihan buku :
Buku ini menggunakan kertas yang tebal, serta memiliki tulisan yang jelas dan rapi. Selain itu, buku ini menggunakan tabel sehingga memudahkan pembaca dalam memahami isi buku.

Kekurangan buku :
Terdapat kata-kata yang masih asing bagi pembaca.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi buku Psikologi Pendidikan (Aplikasi Teori di Indonesia)

Resensi buku Psikologi Pendidikan